Penyebab komputer sering hang dan cara mengatasinya

Komputer

Mungkin anda sering jengkel  karena komputer yang dipakai untuk bekerja sering mengalami hang atau macet secara tiba-tiba dan mungkin setiap beberapa lama dipakai.

Penyebab Komputer hang  dan cara mengatasinya
Penyebab Komputer hang
Ilustrasi komputer hang
Ilustrasi komputer hang
Ilustrasi cara mengatasi komputer hang
Ilustrasi cara mengatasi komputer hang

Komputer memang memiliki berbagai komponen keras atau hadrware serta komponeb lembut atau software yang saling bekerjasama untuk membentuk sebuah sistem komputasi agar bisa menjalankan suatu perintah atau program.

Bila salah satu dari komponen hardware atau software mengalami masalah, maka sistem kerja antara komponen hardware dan software tidak bisa bekerjasama dengan baik, sehingga ini menyebabkan proses komputasi menjadi terganggu dan akibatnya komputer menjadi hang.

Berikut penyebab komputer sering mengalami hang :

1. Komponen Prosesor overheat atau terlalu panas, Prosesor merupakan sebuah jantung dari sebuah komputer. Bila panas yang ditimbulkan oleh prosesor melebihi batas yang ditentukan, maka sebuah sensor suhu akan mengirimkan sebuah perintah pada BIOS untuk menghentikan kerja komputer, akibatnya komputer menjadi hang atau macet.

Cara  mengatasinya :

Perbaiki sistem pendingin pada prosesor, baik itu heatsink, pasta pendingin, atau kipas pendingin.

2. Komponen RAM atau memori, komponen ini merupakan bagian yang menyimpan perintah sebelum masuk ke prosesor. Pemasangan memori yang salah akan menyebabkan komputer hang, misalnya Motherboard dengan jenis slot RAM dual chanel akan mengalami sedikit kendala  bila dipasang dengan 2 RAM yang memiliki merk dan ukuran yang berbeda.

Cara mengatasinya :

Lebih baik motherboard dengan jenis Dual chanel dipasang dua RAM yang memiliki merk dan ukuran yang sama, namun bila motherboard memang jenis Single chanel baru boleh dipasang RAM dengan merk dan ukuran yang berbeda.

3. Komponen VGA yang overheat, Penyebab VGA overheat adalah tidak hanya karena pemasangannya slot yang salah, namun juga karena pemilihan jenis multiplier slot antara VGA adan motherboard tidak tepat. Hal ini juga yang menyebabkan komputer hang atau terkadang ngelag dan gambar patah-patah.

Cara mengatasinya adalah :

Pilihlah jenis multiplier pada VGA agar sama dengan multiplier pada motherboard.

4. Komponen hardware chip northbridge dan southbridge overheat, komponen ini merupakan penghubung antara hardware-hardware seperti HDD drive, DVD drive, dan perangkat storage lainnya.  Biasanya memasang HDD dengan jenis SATA 133 dipasang pada motherboard dengan jenis slot SATA 100. Ini bisa menyebabkan komputer hang, terutama pada saat menggunakan aplikasi yang memanfaatkan sistem SMARTDRIVE.

Cara mengatasinya :

Gunakan jenis HDD SATA dengan jenis slot SATA pada motherboard yang sama.

5. Komponen Software, komponen ini adalah yang sebagai jembatan antara manusia dengan hardware komputer, perintah dari manusia akan dijalankan oleh software, sehingga kesalahan atau error pada software menyebabkan komputer hang. Biasanya penyebabnya aplikasi atau software windows, atau linux dan software operating sistem lainnya terserang virus atau bug.

Cara mengatasinya :

Gunakan antivirus yang handal untuk membersihkan virus-virus yang mengganggu sistem kerja software. Gunakan repair tool untuk memperbaiki OS. atau gunakan tuneup-utilities untuk membantu memaksimalkan kinerja komputer.