Luas Wilayah Indonesia

Pendidikan

Republik Indonesia (RI) atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), atau lebih umum disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan negara yang luas dengan bentuk kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi Hampir 270.054.853 jiwa pada tahun 2018, Indonesia menjadi negara berpenduduk terbesar keempat di dunia. Dengan jumlah penduduk yang fantastis seperti itu sebenarnya berapa sih luas wilayah Indonesia? dan apa si yang dimaksud dengan luas wilayah Indonesia?

Luas wilayah Indonesia adalah daerah di Indonesia yang tercakup dalam kekuasaan teritorial baik itu wilayah daratan maupun lautan yang di dalamnya diberlakukan yurisdiksi negara Indonesia. Luas wilayah secara umum berakhir pada batas batas wilayah dengan kondisi fisik seperti sungai, gunung dan lain lain. Batas batas wilayah ini bisa berupa daratan maupun lautan dan yang disepakati secara hukum oleh negara-negara dan masyarakat dunia.

Berapa luas wilayah Indonesia secara keseluruhan?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mana terdiri dari luas wilayah perairan dan juga luas wilayah daratan. Indonesia menjadi salah satu negara terluas didunia dengan total luas wilayahnya 5.193.250 km² (mencakup luas wilayah daratan dan juga luas wilayah lautan). Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-7 didunia setelah Rusia, Kanada, Amerika Serikat, China, Brasil dan Australia

Berapa luas wilayah daratan dan lautan Indonesia?

2/3 wilayah Indonesia hampir berupa lautan, makanya Indonesia disebut negara maritim. Dari luas wilayah Indonesia 5.193.250 km² maka luas wilayah lautan Indonesia adalah 3.544.744 km², sedangkan luas wilayah daratan Indonesia adalah 1.648.506 km².