Cara membayar pajak sepeda motor tanpa perantara

Hampir setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor baik roda dua atau lebih pasti diwajibkan untuk membayar pajak setiap tahunnya. Namun banyak diantara pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan jasa perantara (calo) pada saat membayar pajak.

loket pajak kendaraan di SAMSAT
loket pajak kendaraan di SAMSAT

Bila pemilik kendaraan bermotor tersebut memang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu atau karena alasan lain, mungkin tidak apa. Akan tetapi jika anda sebagai pemilik kendaraan bermotor akan mencoba membayar pajak kendaraan tanpa perantara berikut langkah-langkah prosesnya.

Dalam hal ini saya akan membayar pajak pada kendaraan sepeda motor saya, namun langkah-langkah ini juga hampir sama untuk proses pada pajak kendaraan bermotor lainnya.

Pertama sebelum berangkat menuju kantor SAMSAT tempat membayar pajak sesuai wilayah yang ditentukan, alangkah baiknya siapkan beberapa data yang diperlukan antara lain :

1. BPKB asli dan fotocopy (bila masih status kredit gunakan fotocopy dan legalisir).

2. STNK asli dan fotocopy

3. KTP asli dan fotocopy

Untuk yang belum memiliki BPKB asli atau masih dalam status kredit, maka harus meminta surat pengantar dari tempat membiaya kredit kita(leasing). Namun bagi yang sudah memiliki BPKB asli langsung saja ke langkah-langkah berikut.

Bila semua berkas sudah disiapkan silakan bisa langsung menuju kantor SAMSAT, setelah sampai dilokasi, langkah pertama sebaiknya cari loket tempat pengambilan formulir. Di loket tersebut ada petugas yang akan memberikan formulir untuk diisi data tentang kendaraan yang akan dibayar pajaknya.

Loket Informasi Tempat pengambilan Formulir pajak di samsat
Loket Informasi Tempat pengambilan Formulir

Semua berkas harus dimasukkan ke map, namun bila anda belum punya map, maka diloket pengambilan formulir juga sudah menyediakan map khusus yang digunakan untuk berkas, beli saja harganya sekitar 2 ribu rupiah. Petugas juga akan membantu mengecek kelengkapan berkas dan menata ke map. Jika semua berkas sudah lengkap kemudian akan disuruh dibawa ke bagian loket penerimaan berkas. Setelah petugas memeriksa semua kelengkapan berkas, maka tak lama kemudian akan diberitahu berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan untuk kendaraan tadi.

Setelah mengetahui jumlah yang harus dibayar, selanjutnya tinggal dibawa ke loket pembayaran.

Loket pembayaran pajak kendaraan bermotor SAMSAT
Loket pembayaran pajak kendaraan bermotor SAMSAT

Jika sudah melakukan pembayaran, maka petugas akan menyuruh mengambil STNK dilokasi pengambilan STNK, di loket ini STNK dan surat tanda lunas pajak akan di cap dan diberikan. Pastikan dengan teliti bahwa tanda lunas pajak sudah di cap, yang berarti bahwa pajak sudah dibayar lunas dan sah.

STNK dan surat lunas pajak serta KTP yang sudah dicap
STNK dan surat lunas pajak serta KTP yang sudah dicap dan disahkan
Contoh Loket Pengambilan STNK samsat
Contoh Loket Pengambilan STNK samsat