Apa sih tipe partisi Harddisk GPT dan MBR?

Komputer

Mungkin anda pernah mendengar atau melihat tulisan Partisi GPT ataupun MBR, Memang kalau tidak salah yang sering kita dengar atau lihat adalah MBR. Apa sebetulnya GPT dan juga MBR itu?


antAra partisi mbr dan gpt
hardisk machine

Berawal dari pengalaman saya ketika menghadapi sebuah laptop merk lenovo keluaran tahun 2014 dan sudah terinstall windows 10 serta menggunakan Hardisk berukuran 4 TB.

partisi hardisk

Sebelum saya menceritakan pengalaman saya menghadapi masalah pada laptop yang menggunakan partisi jenis GPT tersebut, saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari kedua istilah tersebut sebagai berikut :

A. Partisi MBR

partisi hardisk mbr

adalah sebuah partisi yang hanya dapat cocok atau dirancang untuk Hardisk dengan kapasitas dibawah 2 TB, dan pada tipe partisi ini jika ingin membagi hardisk hanya dibatasi 4 partisi primary saja, selain itu pada partisi tipe MBR(master boot record) hanya ada satu sector yang bisa membaca sistem operasi atau partisi itu sendiri, sehingga jika terjadi error atau korupt pada tipe partisi yang dijadikan sector pertama maka kemungkinan partisi yang lain tidak dapat dibaca.

Pada MBR, informasi mengenai partisi dan lokasi file sistem operasi berada pada sektor pertama dari disk tersebut. Baik firmware ataupun sistem operasi, mereka sangat bergantung pada sektor pertama disk tersebut untuk bisa bekerja dengan normal.

sehingga pada hardisk dengan model partisi ini sering kali tidak bisa dijadikan sebagai tempat untuk install sistem operasi manakala di boot sector nya terjadi error atau rusak.

B. Partisi GPT

partisi hardisk gpt

Partisi GPT (GUIDE PARTITION TABLE) merupakan teknologi yang menyempurnakan tipe MBR, karena dalam partisi GPT bisa membagi menjadi 128 partisi primary dan support hingga ukuran hardisk kapasitas 9,2 ZB.

Dalam GPT, informasi mengenai disk baik itu sistem operasi, firmware, ditiru tidak hanya sekali saja bahkan lebih. Dengan begini disk tersebut masih dapat bekerja dengan baik, meskipun sektor pertama disk rusak.

Untuk sistem operasi di Partisi GBT hanya hanya bisa menggunakan windows XP 64bit dan windows yang kompatibel saja yang dapat menjalankan GPT.

  • Untuk dukungan booting 32-bit di GPT, hanya dimiliki oleh windows 8. Sedangkan sistem operasi lain seperti Windows 7, Vista, tidak memiliki dukungan booting 32-bit dari GPT.

Nah dari uraian diatas , saya pernah memiliki pengalaman yang cukup menjengkelkan ketika akan install ulang windows 8 ke hardisk 4 TB yang menggunakan partisi tipe GBT.

Saya sampai dibikin pusing karena setiap ke list DRIVE untuk menempatkan sistem operasi pasti ada pesan error yang menyatakan bahwa partisi tidak mendukung untuk di install windows 8.

Akhirnya setelah browsing di google, saya menemukan bahwa untuk dapat install windows 8 di partisi tipe GPT memang tidak bisa dan harus dirubah terlebih dahulu ke sistem partisi MBR, barulah bisa install windows 8 dengan normal.