Resep dan bumbu cara mudah membuat masakan cah atau tumis kangkung terasi atau saus tiram yang enak

Bicara tentang masakan yang enak, mungkin kita akan membayangkan sepiring pizza atau daging sapi yang biasa disantap dirumah makan kelas menengah keatas bukan?. Namun ada jenis masakan murah dan sederhana tapi sangat digemari para pecinta kuliner di Indonesia, Cah kangkung atau sering juga disebut tumis kangkung adalah masakan asli Indonesia yang murah dan enak.

Masakan cah kangkun enak

Masakan Cah Kangkung Asli Indonesia

Cah kangkung biasanya sering dijumpai di rumah makan atau warung-warung kecil di pinggir jalan yang menjual aneka masakan seafood serta ayam goreng dan bebek goreng, karena tumis kangkung ini sangat pas jika disajikan bersama dengan ayam goreng atau bakar yang diberi sambal pedas, rasanya sangat nikmat sekali.

Namun tahukah anda bahwa cara membuat masakan cah kangkung ini sangat mudah dan murah. Berikut ini panduan resep dan bumbu cara mudah membuat masakan cah atau tumis kangkung terasi atau saus tiram yang enak yang bisa anda praktekkan di rumah :

BAHAN :

kangkung bahan dasar tumis enak

Sayur kangkung bahan dasar resep tumis / cah kangkung

cara mengolah bumbu cah kangkung

Meracik bumbu Cah Kangkung

bahan dasar resep masakan tumis kangkung

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 2-3 ikat kangkung yang masih segar. Cuci sampai bersih dan potong bagian bawahnya untuk diambil daun dan sebagian bagian batang kangkungnya.
  2. Bawang Bombay ukuran sedang sebanyak setengah pcs. Kupas kulitnya dan potong tipis tipis untuk tumisan.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs/siung. Kalau bisa gunakan bawang putih lokal. Kupas kulitnya dan potong tipis tipis juga untuk bahan tumisan.
  4. Bawang merah lokal ukuran sedang sebanyak 4 pcs. Seperti bumbu cah kangkung diatas, kupas kulit bawangnya dan potong tipis tipis untuk bahan tumisan.
  5. Terasi kurang lebih sebanyak 1 sendok tek atau secukupnya. Bakar dulu sebelum digunakan supaya lebih enak.
  6. Saus tiram yang bagus sebanyak kurang lebih 2 sendok makan.
  7. Kaldu ayam instan sebanyak kurang lebih 2 sendok makan supaya lebih gurih.
  8. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 2-3 buah. Potong tipis tipis terlebih dahulu.
  9. Merica halus atau bubuk secukupnya.
  10. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  11. Air bersih matang secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 gelas sedang.
  12. Garam yang beryodium secukupnya sesuai selera.
  13. Margarin atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu bumbunya nanti.

CARA MEMASAK :

  1. Pertama kita tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dipotong tipis tipis menggunakan sedikit minyak.
  2. Aduk aduk dengan api sedang kecil sampai tercium bau harum dari campuran kedua bawang tersebut.
  3. Setelah itu masukkan potongan buah cabai yang sudah dipotong potong juga. Aduk sebentar.
  4. Kemudian masukkan daun kanggkung yang sudah di potong bagian bawahnya. Aduk aduk kembali sebentar sampai semua bahan tercampur rata atau sampai daun kangkungnya sedikit layu.
  5. Tambahkan air ke dalam penggorengan di atas. Aduk kembali sebentar.
  6. Langkah berikutnya masukkan terasi yang sudah dibakar, saus tiram, sediki merica bubuk dan kaldu ayam nya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  7. Masukkan garam dan gula pasirnya. Aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Setelah daun kangkung benar benar layu dan air yang tadi dimasukkan sedikit berkurang, coba cicipi dulu sebentar. Tambahkan lagi garam, gula dan saos tiramnya kalau diperlukan. Jika sudah cukup matikan api dan sajikan masakan cah kangkung ke dalam piring lebar untuk disantap bersama keluarga atau kerabat.

 

Demikian panduan lengkap resep dan bumbu cara mudah membuat masakan cah atau tumis kangkung terasi atau saus tiram yang enak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam bidang kuliner.

Category: Kuliner

About Adi Nugroho

Madi adalah seorang penulis lepas yang sejak tahun 2007 mulai menekuni dunia blogging. Dalam keseharian berbagai aktivitas yang dilakukannya bisa dijadikan artikel. Memiliki misi untuk menuliskan hal-hal yang dialami selama perjalanan hidupnya dan untuk dibagikan kepada orang lain.