Plugin baru di WordPress dari Google

Ada saja inovasi dan pengembangan feature yang dilakukan perusahaan Search Engine nomor wahid Google, beberapa hari yang lalu, Google baru mengeluarkan sebuah plugin yang diberi nama Google Publisher Plugin. Plugin tersebut bertujuan untuk memudahkan para webmaster dalam mengontrol produk google yang ditempatkan pada website mereka.

Google Publisher Plugin
Google Publisher Plugin

Namun sayangnya plugin ini hanya untuk platform berbasis WordPress self hosted alias WordPress yang berbayar, sehingga untuk platform WordPress.com atau gratisan belum bisa menikmati fitur ini.

Setelah saya mencoba mengaktifkan dan mengunakan plugin yang masih versi beta tersebut memang mudah, seperti halnya kita memasang atau mengaktifkan widget di platform Blogspot.com.

Secara otomatis ketika plugin sudah diaktifkan, maka akan melakukan scan terhadap blog atau website, dan kemudian sebuah saran penempatan iklan akan ditampilkan setelah itu hanya dalam hitungan menit iklan sudah bisa langsung tayang. Dalam plugin tersebut terlihat ada dua produk Google, yakni Google Adsense dan Webmaster Tool.

iklan tayang di halaman home
saran penempatan iklan google
iklan tayang di halaman home
iklan tayang di halaman home

Namun ada kekurangan pada plugin ini, ketika dibuka halaman artikel, iklan tidak bisa tayang, jadi iklan hanya tayang pada halaman home atau beranda saja. Hal ini mungkin karena masih versi beta, coba kita tunggu saja versi finalnya.