Penyebab nyeri leher dan kepala belakang

Bila kita pernah  merasakan sakit pada leher dan disertai nyeri pada kepala berarti ada kelainan pada otot bagian leher. kondisi ini harus segera diatasi karena dapat menimbulkan bahaya. Cara sederhana untuk mengatasi keluhan diatas adalah dengan mengkompres menggunakan air hangat pada leher selama beberapa menit.

Sakit leher dan kepala belakang

Sakit leher dan kepala belakang

Tujuan mengompres adalah agar otot-otot leher tidak kaku dan bisa kembali lurus pada posisinya. Selain dengan kompres menggunakan air hangat, sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa gerakan kecil seperti berikut :

– mengompresnya dengan es pada bagian yang kaku selama 20-30 menit. Mereka yang alergi es bisa mengompres dengan air hangat. Kompres pada bagian yang sakit dengan posisi badan tengkurap
– bila di rumah kebetulan ada shower, pancuran air di kamar mandi, mandi di bawah pancuran air hangat dalam waktu lama mempercepat menyembuhkan pegal-pegal di leher yang disebabkan karena otot leher mengejang itu. Dan biarkan tekanan air hangat dari pancuran tercurah di bagian belakang leher
– Untuk mencegah nyeri, stretching pada otot leher memang perlu dilakukan.
– Ada tiga gerakan yang dianjurkan.
Pertama, tundukkan dagu hingga menyentuh dada dan tahan hingga 6 hitungan. Setelah itu, kembalikan ke posisi semula dengan pelan.Gerakan tersebut harus dilakukan secara perlahan, tidak boleh terburu-buru, harus rileks
Gerakan kedua, dekatkan telinga ke bahu kanan dan kiri secara bergantian. Setelah dekat, rasakan tarikan pada otot-otot yang berlawanan. Gerakan tersebut memang menimbulkan nyeri, tetapi itu untuk melemaskan otot. Namun, bila nyerinya sangat terasa, hentikan gerakan tersebut. Bisa saja gerakannya salah
Gerakan ketiga adalah rotasi ke kiri dan kanan. Yaitu, memutar dagu ke arah bahu. Ketika melakukan gerakan tersebut, bahu harus lurus. Jangan mengikuti gerakan. Punggung juga harus lurus. Lakukan gerakan dalam enam hitungan. Bisa dilakukan pagi dan sore, masing-masing lima kali secara bergantian

Jika kompres dan latihan sudah dilakukan, namun setelah dua hari belum mengalami perubahan, segera kunjungi dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan meluruskan otot dan membeli obat penghilang nyeri.

Jika anda menggunakan AC saat tidur, pastikan suhu yang dikeluarkan serendah mungkin. Karena, jika masih terasa dingin pada malam hari, otomatis selain menarik selimut, juga posisi tidur pun akan berubah menjadi meringkuk agar tubuh tetap hangat. Hal ini, akan membuat leher menjadi kembali pegal keesokan harinya.

Usahakan agar suhu kamar tetap hangat, sehingga posisi tidur dapat dilakukan dengan meregang atau selonjor. Jika menonton TV atau membaca buku sambil tiduran, pastikan kepala tidak menekuk ke depan, ke belakang atau pun ke samping. Posisi kepala tetap tegak lurus dengan TV atau buku.

Nyeri pada leher sering membuat aktivitas kita sehari-hari menjadi terganggu. Sakit jenis ini berasal dari daerah di dekat leher, seperti rahang, kepala, dan bahu. Sebaliknya, problem di leher juga dapat menyebabkan bagian tubuh yang lain mengalami nyeri, seperti punggung atas, bahu, dan lengan.

Leher merupakan anggota tubuh yang memiliki tugas yang sangat berat, yaitu mempertahankan posisi kepala agar tetap tegak. Posisi saat bekerja dengan duduk di depan komputer atau posisi kerja dengan duduk melengkung ke meja akan membuat tugas leher menjadi semakin berat. kebiasaan-kebiasaan tersebut merupakan sumber terjadinya gangguan nyeri dan rasa sakit pada anggota badan bagian atas, khususnya leher.

Menurut Priyo Sulistyo B.U.,A.Md.FT Fisioterapi RS William Booth Surabaya, penyebab utama rasa nyeri pada leher adalah melemahnya otot-otot penyangga tulang leher dan sisinya disebabkan oleh hal lain seperti pengapuran atau saraf terjepit.

SALAH POSISI

Priyo menguraikan, sakit pada leher (tengeng) umumnya dikeluhkan oleh banyak orang akibat salah dalam posisi tidur, sehingga otot mengalami kontraksi atau pemendekan dalam waktu lama dan terus-menerus.

Orang normal yang tidur miring secara otomatis akan mengubah posisi setiap sekitar dua jam. “Tetapi jika orang itu dalam keadaan lelah, pergerakan posisi baru dilakukan setiap empat jam sekali. Sehingga ketika bangun tiba-tiba leher sangat sakit saat menoleh ke kanan maupun ke kiri,” tuturnya.

Nyeri leher juga bisa dikarenakan oleh Spondyloarthrosis cervical, yakni proses degeneratif alias berkaitan dengan pertambahan usia. Atau pertumbuhan tulang muda saat usia 40 tahun ke atas.

BERENANG AIR HANGAT

Untuk mengatasi nyeri leher bisa dilakukan dengan fisioterapi dengan menggunakan ultra sound, TENS, Modalitas SWD, diatermi, ULL, serta calliet exercise (senam nyeri leher) dan Contract Relax Stretching yakni suatu teknik terapi latihan khusus yang ditujukan pada otot yang spasme, tegang/memendek untuk memperoleh pelemasan dan peregangan jaringan otot.

Dalam kasus nyeri leher, disarankan untuk banyak berenang, karena gaya dorong dan gaya tarik yang dihasilkan dari renang memperbaiki bentuk tulang punggung. Terlebih berenang dimana bisa melemaskan otot-otot dan saraf sehingga lebih cepat mengembalikan bentuk tulang punggung. Dan tidak lupa disertai dengan calliet exercise.

GERAKAN CALLIET EXERCISE

Pemanasan:

1. Kepala menoleh ke kanan dan ke kiri dengan hitungan 8 kali.
2. Kepala di arah ke atas dan ke bawah.
3. Kepala diputar dari arah kanan ke kiri dan sebaliknya sebanyak 8 kali putaran.

Inti:

1. Letakkan kedua tangan di dagu dan dorong ke belakang, namun kepala menekan ke arah depan (arahnya berlawanan) sehingga terasa jika ada kontradiksi. Tujuannya untuk menguatkan otot cervical.
2. Letakkan tangan kanan di kepala bagian kanan, letaknya di atas telinga. Lakukan tekan yang sama seperti gerakan pertama. Lakukan sekitar 5 hitungan atau 5 detik.
3. Lakukan hal yang sama pada sisi kepala bagian kiri.
4. Contract Relax Stretching, kepala menunduk dan diputar keluar.

Dear Dokter, Mengapa akhir-akhir ini kepala dan leher bagian belakang saya sakit sekali? Padahal saya sudah istirahat cukup.

A: Dugaan kami, Anda mengalami tension headache, biasanya karena kelelahan dan stres. Apakah tekanan darah Anda normal? Untuk mengatasi tension headache dapat dilakukan dengan cara berikut: 1. hindari stress, 2. lakukan relaksasi, pijat halus 3. kompres dengan air hangat. Bila Anda tidak ada alergi dengan obat golongan antalgin, kami sarankan coba minum neuralgin dulu. Jika tidak membaik, sebaiknya periksakan ke dokter untuk dievaluasi.