Penyebab komputer blue screen di windows 7 saat dihubungkan dengan modem Iphone dan cara mengatasinya

Ketika sedang berinternet ria entah itu untuk browsing, menulis artikel, membuka email atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan jaringan internet, tiba-tiba layar komputer yang menggunakan sistem operasi windows 7 menampilkan tulisan error disertai blue screen. Hal ini sangat menjelkan bukan?.

Komputer error blue screen di windows 7

Komputer dengan kondisi demikian pernah saya alami beberapa waktu yang lalu, awal mulanya selama berbulan-bulan menggunakan komputer dengan windows windows 7 untuk berinternetan lewat modem Iphone tidak ada kendala alias lancar-lancar saja.

Namun entah karena apa pas mau dipakai untuk internet komputer selalu menampilkan kode error dan disertai blue screen atau layar biru yang menyatakan bahwa komputer error karena danya penambahan hardware baru dan di perintahkan untuk  melepas hardware tersebut serta komputer tidak bisa di apa-apakan dan harus di matikan secara paksa lewat tombol on-off pada CPU.

Tampilan blue screen pada komputer dan dan cara mengatasinya

Yang paling mengherankan adalah bahwa kondisi komputer blue screen hanya terjadi pada saat komputer dihubungkan ke Iphone melalui kabel data lewat USB saja. Awalnya sempat curiga kalau Iphone mengalami masalah, akan tetapi untuk memastikan hal tersebut, saya mencoba menghubungkan Iphone lewat kabel data ke USB di komputer lain di yang memiliki operating sistem Windows 7 juga.

Kemudian saya mencoba mengaktifkan fitur internet Iphone dan melakukan browsing di , komputer tidak menampilkan blue screen dan bisa berjalanm normal. Jadi kesimpulannya bahwa komputer pertama itu yang bermasalah. Kemudian berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi penyebab komputer blue screen di windows 7 saat dihubungkan dengan modem Iphone :

  1. Nyalakan komputer kemudian masuk sistem BIOS, biasanya sesaat setelah booting tekan terus tombol DEL atau F2, F3 (karena tergantun merek motherboard). Setelah masuk ke BIOS, coba cari menu EXIT kemudian cari Menu RESET DEFAULT atau SET to DEFAULT . Kemudian save atau tekan tombol F10 untuk menyimpan perubahan, kemudian ENTER. Tunggu komputer restart dan sampai masuk windows 7, jika sudah coba untuk menghubungkan kembali Iphone dan aktifkan fitur internet serta coba untuk browsing, jika komputer masih error dan blue screen, berarti ada maslah di Windows 7, biasanya sistem file korupt, terhapus atau dimakan virus.
    setting load default setting bios motherboard msi

    setting default bios motherboard MSi

    setting load optimal default motherboard asus

    setting default bios motherboard asus

    2. Jika cara pertama tidak berhasil lakukan dengan langkah dua sebagai berikut, Matikan komputer lewat tombol on-off kemudaian nyalakan kembali hingga tampil windows 7, kemudian scan dengan menggunakan antivirus seperti Smadav, Bitdefender, Avira atau antivirus lainnya. Jika sudah selesai coba restart komputer sampai tampil layar windows 7 normal dan hubungkan kembali Iphone serta aktifkan fitur internetnya, lalu tes buat browsing, jika komputer tetap menampilkan error blue screen , maka mau tidak mau jalan terakhir adalah melakukan instalasi ulang windows 7. Dan janghan lupa backup terlebih dahulu semua file penting di drive C (biasanya di folder My Documents, Download, My Pictures, My Videos).
    Install ulang windows 7 fresh

Demikian uraian dan pengalaman saya penyebab komputer blue screen di windows 7 saat dihubungkan dengan modem Iphone dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Category: Komputer

About Adi Nugroho

Madi adalah seorang penulis lepas yang sejak tahun 2007 mulai menekuni dunia blogging. Dalam keseharian berbagai aktivitas yang dilakukannya bisa dijadikan artikel. Memiliki misi untuk menuliskan hal-hal yang dialami selama perjalanan hidupnya dan untuk dibagikan kepada orang lain.