Penyebab artikel atau postingan baru sulit terindex Google

Bagi seorang blogger menulis artikel atau posting adalah makanan utama, apalagi peraturan terbaru dari search engine ternama seperti Google sangat menyukai sebuah website atau blog yang selalu di perbarui isi atau kontennya.

Robot Crawler Google

Robot Crawler Google

Namun terkadang banyak blogger yang kurang semangat setelah memiliki blog atau website tapi belum juga memiliki jumlah pembaca atau pengunjung yang diinginkan alias sepi pengunjung.

Mereka sudah merancang begitu bagusnya desain dari website atau blognya dan sudah melakukan berbagai cara untuk optimisasi seo, tapi ya masih saja belum ada pengunjung yang banyak.

Mungkin ada beberapa hal yang membuat blog atau website sepi pengunjung  adalah sulitnya artikel-artikel atau postingan baru oleh mesin pencari seperti Google, sehingga Google juga tidak bisa menampilkan di Hasil pencarian pada saat ada orang yang mencari artikel dengan kata kunci yang sesuai artikel kita. Tidak atau sulitnya artikel terindex oleh Google mungkin karena beberapa hal diantaranya adalah :

1. Umur

Mungkin umur blog atau website tersebut masih baru, sehingga robot Google (crawler) belum mengenal. Ibarat pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang.

2. Isi atau Konten

Konten merupakan sebuah nyawa dari blog atau website, bila sebuah blog atau website miskin konten maka kemungkinan akan sulit diindex Google.

3. Konten Copy paste

Meskipun website atau blog memiliki artikel atau posting yang cukup namun hasil dari copy paste dari sumber lain, maka Google akan benci dan menjauhi Blog atau website tersebut, akibatnya  artikel baru sulit terindex.

4. Jarang update konten

Meskipun artikel dalam website atau blog cukup banyak, namun hanya ditulis sekaligus dalam waktu yang bersamaan dan kemudian lama tidak pernah menulis atau menambah artikel baru. Jadi akan tetap dianggap kurang konten.

5. Over publish artikel

Update artikel atau menambah artikel memang sangat dianjurkan dan penting, namun apabila terlalu banyak artikel yang di publish dalam sehari maka akan membuat robot google menjauh karena dianggap spam. Sehingga artikel yang baru akan sulit terindex.

6. Internal link

Mungkin artikel yang satu dengan lainnya tidak saling terkait sehingga menyebabkan robot Google lama menelusuri, karena terlalu dalam, usahakan setiap artikel terhubung melalui artikel lainnya sehingga membentuk internal link.

7. Backlink

Mungkin website atau blog kurang atau tidak memiliki backlink, backlin adalah sangat penting, karena memberitahu pada robot Google untuk menjelajah situs atau blog yang direferensikannya. Namun usahakan jangan terlalu banyak backlink apalagi backlink yang kurang berkualitas. Jadi lebih baik sedikit backlink namun berkualitas daripada banyak backlink tapi tidak berkualitas.

8. Sitemap tidak terindex Google

Sitemap merupakan pintu paling penting bagi sebuah robot mesin pencari untuk menelusuri halaman-halaman website atau blog. Bila sitemap tidak terindex Google maka artikel yang baru dibuat akan sulit diindex juga.

9. Salah set robot.txt

Robot txt adalah sebuah perintah untuk robot mesin pencari dalam menjelajahi situs atau blog, bila salah dalam memerintahkan robot mesin pencari, maka robot tidak akan atau sulit mengindex halaman dalam website atau blog tersebut. jadi hati-hati dalam penggunaan robot.txt.