Menara Eifel Di Paris ,Perancis

Inilah Sejarah menara Eifel Di  Paris ,Negara Perancis.

TEMPO.CO, Paris – Tepat 125 tahun yang lalu, pada 31 Maret, Menara Eiffel resmi dibuka setelah dua tahun, dua bulan, dan lima hari masa konstruksi menara besi yang menjadi ikon Kota Paris itu. Berikut ini sepuluh fakta tentang Menara Eiffel yang dinilai sebagai manifestasi fisik dari cinta dan asmara.

1. Menara Eiffel bukanlah gagasan Gustav Eiffel. Sebaliknya, justru insinyur senior Maurice Koechlin dan Emile Nouguier yang merancangnya. Gustav Eiffel semula tidak tertarik pada proyek tersebut. Namun ia mengirim dua insinyur ke kepala departemen arsitektur perusahaan, Stephen Sauvestre. Dengan bantuan Sauvestre, Eiffel menjadi orang yang dikenal sebagai pemilik rencana akhir dan membeli hak patennya.

2. Pembangunan Menara Eiffel melibatkan 300 pekerja serta menggunakan 18.038 potongan besi tempa dan 2,5 juta paku keling dengan ketinggian 984 kaki (300 meter) tanpa antena di puncak, atau 1.063 kaki (324 meter) dengan antena.

3. Menara Eiffel dibangun sebagai simbol dari ilmu pengetahuan modern. “Tidak hanya insinyur modern, tapi juga abad perindustrian dan sains di mana kita hidup,” kata Gustav Eiffel. Pada waktu itu, menara sedang dibangun dan teknologi sedang dalam fase pertumbuhan.

4. Pada masa pembangunan, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia. Hingga akhirnya pada 1930, Chrysler Building setinggi 1046 kaki dibangun di New York.

5. Lift Menara Eiffel semula tidak beroperasi. Namun pada 6 Mei, ketika menara dibuka untuk publik, masalah muncul. Sebanyak 30 ribu pengunjung harus mendaki 1.710 langkah untuk mencapai puncak. Akhirnya, lift dijalankan pada 26 Mei.

6. Warga Paris awalnya membenci Menara Eiffel yang dinilai telah merusak pemandangan. Sejumlah seniman juga menolaknya. Media cetak Prancis menerima surat kemarahan bahwa menara tidak cocok dengan nuansa kota. Bahkan novelis Guy de Maupassant sangat membenci menara itu hingga dia memutuskan untuk selalu makan siang di sebuah restoran. Ketika ditanya alasannya, dia menjawab bahwa restoran itulah satu-satunya tempat di mana ia tidak bisa melihat Menara Eiffel.

7. Menara Eiffel bisa berubah ketinggian tergantung pada musim. Karena dibangun menggunakan besi tempa, logam menara bisa mengembang bila terkena panas matahari musim panas yang menyebabkan strukturnya naik 6,75 inci.

8. Struktur Menara Eiffel dirancang bersifat sementara, yang bisa dibongkar setelah 20 tahun. Namun militer Prancis dan pemerintah mulai menggunakannya sebagai transmisi sistem komunikasi radio dan telekomunikasi. Ketika izin berakhir pada 1909, Pemerintah Kota Paris memutuskan memperbarui konsesi.

9. Menara Eiffel cukup lama menggunakan energi baterai. Mentransmisikan sinyal radio selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II, kabel lift dipotong, sehingga Nazi tidak bisa menggunakan menara (setelah pasukan sekutu memasuki kota).

10. Setiap tujuh tahun, 50-60 ton cat dipakai untuk melindungi menara dari karat.