200 faktor yang mempengaruhi ranking halaman website di SERP Google

[otw_shortcode_tabslayout tabs=”3″ tab_1_title=”SEO Offpage” tab_2_title=”SEO Onpage” tab_3_title=”Google Adsense”][/otw_shortcode_tabslayout]

Siapa yang tidak tahu yang namanya mesin pencari Google, mungkin hampir semua orang yang sudah pernah mencari informasi di internet pernah menggunakannya.

200 faktor ranking google serp

Namun yang akan saya bahas disini adalah faktor apa saja  yang memepengaruhi sebuah halaman website bisa berada di hasil pencarian atau SERP (search engine result page) secara berurutan.

Tahukah anda bahwa Google menggunakan 200 lebih faktor dalam algoritma mereka untuk menentukkan ranking sebuah halaman web dalam hasil pencariannya.

Berdasarkan sumber dari backlinko.com , ada sekitar 200 lebih faktor yang menentukan sebuah halaman websiste bisa berada di urutan lebih depan atau atas dari halaman website lain.

Sebagian dari 200 faktor merupakan hal yang sudah terbukti dan sebagian lainnya masih kontroversi serta beberapa lainnya merupakan spekulasi dari para pelaku SEO. Bagaimanapun juga yang tahu secara pasti tentang 200 faktor itu adalah staf Google yang bersangkutan.

Berikut akan kami jabarkan satu persatu, akantetapi urutan nomor teratas bukanlah faktor paling penting begitu juga urutan paling bawah :

  1. Domain Age (Umur Domain) : Umur sebuah domain dijadikan sebagai sinyal dalam menentukkan sebuah ranking halaman web. Namun menurut Matt Cutts , hal tersebut  kurang begitu penting atau pengaruhnya kecil.Seperti dalam pernyataan resminya Matt mengatakan “The difference between a domain that’s six months old versus one year old is really not that big at all.” ( Perbedaan antara sebuah domain yang berumur 6 bulan dengan 1 tahun tidak begitu besar). Dengan kata lain bahwa mereka menggunakan faktor umur domain namun pengaruhnya kecilUntuk lebih jelasnya bisa di tonton dalam video ini.
  2. Keyword Appears In Top Level Domain (Kata Kunci Berada Pada Top Level Domain) : Pengaruhnya tidak begitu besar, namun keyword yang berada dalam domain masih menjadi sinyal jika hal itu relevan dengan kata kunci tersebut. Dalam kenyataanya search engine masih menandai keyword dalam nama domain di hasil pencariannya.
  3. Keyword As Firs Word In Domain (kata kunci ditulis di awal pada nama domain) : Sebuah domain yang diawali dengan kata kunci yang ditarget memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan domain yang tidak memiliki kata kunci dalam domain atau kata kunci terletak di tengah / akhir domain.
  4. Domain Registration Length (Rentang Waktu Registrasi Domain)
  5. Keyword In Subdomain Name (kata kunci berada dalam subdomain).
  6. Domain History (Riwayat Kepemilikan Domain).
  7. Exact Match Domain (Kata Kunci Sama Persis dengan nama domain).
  8. Public vs Private WhoIs ( Data Whois privat dan Publik)
  9. Penalized WhoIs owner (nama pemilik domain terkena penalti)
  10. Country TLD Extension (Domain dengan nama ektensi dari negara tertentu)

BERSAMBUNG >>>>>>>>>…..