Daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes dalam bidang teknologi 2015

Setiap tahun majalah bisnis terkenal di dunia Forbes selalu merilis berbagai peringkat untuk bidang ekonomi di dunia, termasuk juga dalam hal peringkat orang-orang terkaya di dunia. Pada sekitar bulan Agustus tahun 2015 yang lalu, Forbes juga merilis Daftar 10 orang terkaya di dunia dalam bidang teknologi.

daftar orang terkaya di dunia bidang teknologi

Lalu siapa sajakah mereka para triliuner tersebut, Jika melihat rilisan Forbes pada tahun-tahun sebelumnya, tampaknya yang bertengger di posisi 10 besar adalah orang-orang lama seperti pemilik perusahaan software Microsoft yakni Bill Gates, meskipin ada juga beberapa daftar nama baru. Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia tahun 2015 versi Forbes :

  1. Bill Gates
    Microsoft Chairman Bill Gates speaks during Microsoft's annual shareholder meeting at Meydenbauer Center in Bellevue, Washington in this November 15, 2011 file photo. Three of the top 20 investors in Microsoft Corp are lobbying the board to press for Bill Gates to step down as chairman of the software company he co-founded 38 years ago, according to people familiar with matter. REUTERS/Anthony Bolante/Files (UNITED STATES - Tags: BUSINESS SCIENCE TECHNOLOGY)Peringkat pertama masih diduduki oleh pendiri perusahaan Microsoft yakni Bill Gates, Pria yang kini berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$ 79,6 miliar atau setara dengan Rp 1.114 triliun (jika kurs Rp 14.000 per dolar). Hal yang paling menarik dari Gates adalah bahwa Ia menyumbangkan sebagian harta kekayaannya untuk yayasan yang didirikannya yakni Bill and Melinda Gates Foundation. Dan juga tercatat hingga saat ini Bill telah menyalurkan dana ke yayasan diselurh dunia sebesar US$ 30 miliar (Rp 420 triliun). Namun meski Ia menyumbangkan sebagian hartanya, Ia tetap menjadi orang terkaya hingga saat ini (selama 22 tahun).
  2. Larry Ellison
    orang terkaya di dunia Larry Ellison oracle
    Di urutan kedua masih dipegang oleh pemilik perusahaan sistem perangkat keras komputer, sistem manajemen database, dan aplikasi terintegrasi komputasi awan (cloud computing) yaitu Larry Ellison sebagai pendiri Oracle. Pria berusia 70 tahun ini memiliki kekayaan US$ 50 miliar (Rp 700 triliun).
  3. Jeff Bezos
    orang terkaya di dunia Jeff Bezos amazon
    Di posisi ketiga dipegang oleh Jeff Bezos , pendiri perusahaan toko online terbesar yakni Amazon ini kekayaan US$ 47,8 miliar (Rp 669.2 triliun). Pria dengan Usia yang setara dengan Bill Gates 51 tahun ini telah mengembangkan bisnisnya dengan membuat produk smartphone bernama Fire Phone, konon Fire Phone sebagai saingan untuk produk sejenis yakni Samsung Galaxy dan Iphone.
  4. Mark Zuckerberg
    Mark Zuckerberg, chief executive officer of Facebook Inc., speaks during the Facebook F8 Developers Conference in San Francisco, California, U.S., on Wednesday, March 25, 2015. Zuckerberg plans to unveil tools that let application makers reach the social network's audience while helping the company boost revenue. Photographer: David Paul Morris/Bloomberg via Getty Images
    Pendiri dan CEO media social Facebook, Mark Zuckerberg menempati posisi kempat, Pria dengan kekayaan sebesar US$41,2 miliar (Rp 576,8 triliun) juga dinobatkan sebagai orang terkaya paling muda di dunia di usia yang ke 31 tahun saat ini. Mark pernah berkunjung ke Indonesia pada pertengahan Oktober 2014. Salah satu agendanya adalah meluncurkan kampanye Internet.org dan berkunjung ke candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah
  5. Larry Page
    orang terkaya di dunia Larry Page google ceo
    Salah satu pendiri Google, dengan kekayaan sebesar US$ 33,4 miliar(Rp 467,6 triliun) Larry Page kembali menempati urutan kelima. pria berusia 42 tahun ini pada tanggal 10 Agustus 2015 melepas jabatan di sebagai CEO Google dan menjabat CEO Alphabet, perusahaan induk Google yang baru dibentuk.
  6. Sergey Brin
    ENTRENCHED POSITION: Google founders Sergey Brin(shown) and Larry Page, CEO, find their stock plan under fire.
    Sergey Brin adalah rekan Larry Page dalam mendirikan Google. Ia bertemu dengan Larry saat kuliah S2 di Universitas Standford. Pria yang sekarang berusia 42 tahun ini memiliki kekayaan US$ 32,8 miliar(Rp 459,2 triliun) .Sergey Brin dan Larry Page tampaknya telah menjadi soulmate. Mereka berdua terus berinovasi sehingga menjadikan Google sebagai perusahaan raksasa sekarang ini. Namun, berbeda dengan Larry, kehidupan rumah tangga Sergey tidak harmonis. Pada akhir Juni 2015, ia bercerai dengan isterinya, Anne Wojcicki (adiknya Susan Wojcicki, Kepala Divisi YouTube Google), setelah menikah selama 8 tahun. Gosip yang beredar, mereka bercerai karena Sergey berselingkuh dengan karyawatinya.
  7. Jack Ma
    orang terkaya di dunia Jack Ma alibaba
    Orang terkaya ketujuh di bidang teknologi ditempati Jack Ma. Dari namanya, Anda mungkin sudah menduga dari mana orang tersebut berasal. Ya, Jack Ma adalah warga negara Tiongkok yang mendirikan Alibaba, situs business to business (B2B) terbesar yang menghubungkan produsen di Tiongkok dengan dunia. Pria berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan US $23,2 miliar(Rp 324,8 triliun) dan menjadi satu-satunya orang Asia yang masuk dalam daftar bergengsi ini.
  8. Steve Ballmer
    orang terkaya di dunia Steve Ballmer ceo microsoft
    Steve Ballmer adalah mantan CEO Microsoft yang memiliki kekayaan US$ 22,7 miliar(Rp 317,8 triliun). Ia memimpin Microsoft dari Januari 2010 sampai Februari 2014. Meskipun ia mengumumkan pengunduran dirinya pada Agustus 2013, namun Microsoft baru mendapatkan penggantinya pada Februari 2014, yaitu Satya Nadella.
  9. Laurene Powell Jobs
    Laurene Powell Jobs, chairman of Emerson Collective and widow of Apple Inc. founder Steve Jobs, listens at the annual Milken Institute Global Conference in Beverly Hills, California, U.S., on Monday, April 29, 2013. The Global Conference convenes chief executive officers, senior government officials and leading figures in the global capital markets to explore solutions to today's most pressing challenges in business, health, government and education. Photographer: Patrick T. Fallon/Bloomberg via Getty Images
    Laurene Powell Jobs adalah isteri mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Wanita yang sekarang berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$ 21,4 miliar(Rp 299,6 triliun) . Kekayaan tersebut diperoleh dari warisan suaminya saat memimpin Apple dan saham Disney yang ia miliki sendiri.
  10. Michael Dell
    CHINA - MARCH 26: Michael Dell, chairman of Dell Inc., speaks at a news conference in Beijing, China, on Thursday, March 26, 2009. Dell Inc., the world's second-largest maker of personal computers, will sell PCs to China's farmers, seeking to boost sales from a potential market of 800 million rural residents as the global recession eats away demand. (Photo by Dell Rural China Push/Bloomberg via Getty Images)Peringkat kesepuluh daftar orang terkaya di bidang teknologi ditempati Michael Dell, pendiri perusahaan komputer Dell yang memiliki kekayaan US$ 19,4 miliar(Rp 271,6 triliun). Ayah empat orang anak ini pernah DO dari Universitas Texas. Meskipun demikian, ia memiliki naluri bisnis yang kuat sehingga mampu menjadikan Dell sebagai salah satu perusahaan sukses di bidang pembuatan komputer.Michael Dell juga dikenal sebagai seorang dermawan. Pria yang sekarang berusia 50 tahun ini memiliki yayasan amal untuk membantu anak-anak miskin di kotanya. Selain itu, yayasan ini juga pernah memberikan bantuan US$ 50 juta ke sekolah kedokteran baru di Universitas Texas.

Diatas merupakan daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes dalam bidang teknologi 2015, sebetulnya masih ada ratusan orang yang di nobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes.

Category: Teknologi

About Adi Nugroho

Madi adalah seorang penulis lepas yang sejak tahun 2007 mulai menekuni dunia blogging. Dalam keseharian berbagai aktivitas yang dilakukannya bisa dijadikan artikel. Memiliki misi untuk menuliskan hal-hal yang dialami selama perjalanan hidupnya dan untuk dibagikan kepada orang lain.