Cemilan Belalang Goreng Gunung Kidul

Belalang Goreng Gunung Kidul

Bagi sebagian orang mungkin akan merasa jijik atau aneh ketika mendengar Belalang Goreng ini. Ya wajar saja, karena pada umumnya serangga ini hidup di sawah-sawah dan sering dianggap sebagai binatang perusak  tanaman petani.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa serangga ini memakan daun-daunan di persawahan yang umumnya masih muda. Karena daun adalah makanan pokok bagi dirinya.

Akan tetapi dibalik semua itu, Belalang (walang dalam bahasa jawa) ternyata memiliki kadungan gizi dan protein yang tinggi untuk dikomsumsi, bahkan menurut penelitian bahwa belalang memiliki kandungan protein lebih tinggi jika dibandingkan dengan udang. Belalang yang dimaksud disini adalah jenis belalang kayu, serangga ini biasanya hinggap di dedaunan pada musim hujan dan di ranting-ranting pohon pada musim kemarau.

Di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah istimewa Yogyakarta, Warga menjadikan belalang ini sebagai makanan cemilan yang gurih dan enak. Belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang jalan Yogyakarta-Wonosari, Wonosari-Ponjong,Wonosari-Semanu, Paliyan-Trowono. Atau di Rumah makan dan kios-kios penjual oleh-oleh di Wonosari, Gunung Kidul.

Untuk harga (saat itu 10 November 2014) kisaran 30- 45 Ribu per toples dengan isi 30 ekoran.