5 macam software (perangkat lunak) untuk mengakses internet beserta fungsinya

Pernahkah anda berpikir sejenak bagaimana kita bisa mengakses sebuah komputer dari jarak jauh ketika sedang browsing atau berselancar di dunia maya atau internet untuk mencari informasi, berbelanja online atau bahkan main game online serta menulis diari di blog.

internet

internet untuk mengakses berbagai kegiatan secara online di dunia

Pada dasarnya ketika kita melakukan aktivitas diatas sebetulnya itu semua berkat adanya sebuah software(perangkat lunak) yang mengubungkan komputer kita dengan komputer-komputer di seluruh dunia yang tergabung dalam sebuah jaringan internasional yang dikenal dengan nama Internet.

cara kerja software dalam mengakses internet di dunia

Dalam dunia komputer terdapat banyak macam-macam software sebagai jembatan atau penghubung yang digunakan untuk mengakses internet agar mempermudah komunikasi antar pengguna Internet dari seluruh penjuru dunia. Berikut ini adalah 5 macam software (perangkat lunak) untuk mengakses internet beserta fungsinya :

  1. Sistem Operasi ( Operating System)
    Sistem operasi merupakan bagian paling utama yang dibutuhkan sebagai penghubung antara manusia(user/pengguna) dengan komputer. Tanpa OS(operating system), maka Internet tidak ada artinya. Pada umumnya Operating System yang banyak digunakan oleh pengguna untuk mengakses internet adalah (untuk berbayar)Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Xp, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 (terbaru). (Untuk yang gratis)Ubuntu Linux, OpenSuSE, Mandriva, IGOS yang bisa di download secara gratis. Black Berry, Java, Android (biasanya dibundle dengan gadget seperti phone cell atau tablet).
  2. Web Browser
    software browser terbaik untuk mengakses internet
    Sering disebut sebagai browser saja, Software ini digunakan untuk berinteraksi dan menampilkan berbagai dokumen atau file yang disediakan oleh web server. Web merupakan kumpulan jaringan internet yang berisi dokumen-dokumen teks dan multimedia yang saling terhubung satu dengan lainnya. Biasanya kumpulan jaringan web server sering disebut WWW(world wide web).Beberapa software web browser untuk mengakses internet adalah :
    – Internet Explorer (IE)
    Browser yang merupakan bawaan atau paket dari microsoft Windows ini menurut survei dari Net Application merupakan software yang paling banyak digunakan oleh pengguna untuk mengakses internet.

    – Mozilla Firefox
    Oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Firefox adalah salah satu Browser yang terpopuler saat ini setelah IE.

    – Google Chrome
    Sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework.

    – Opera
    Browser web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu. Opera versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, langsung dari browser.

    – Safari
    Browser web yang dikembangkan oleh Apple. Banyak digunakan untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi MAC.

  3. Software Instant Messaging Client.
    Sarana berkomunikasi langsung atau mengobrol melalui keyboard yang dikenal dengan Chatting. Diantara siftware untuk chatting adalah :

    • Yahoo Messenger
    • mIRC
    • iChat
    • pidgi
  4. Software E-mail ClientBerfungsi untuk mengelola e-mail (electronic mail), diantara software e-mail client adalah :
    • Microsoft Out Look Express
    • Microsoft Office Out Look
    • Mozilla Thunderbird
    • Yahoo Mail
    • Google Mail
  5. Search Engine
    • Yahoo Search
    • Google
    • MSN
    • Altavista
    • Bing